RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 2 Kota Jantho
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
IX/ Ganjil
|
Tema
|
:
|
Pertumbuhan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju
|
Sub tema
|
:
|
Karakteristik Negara Maju dan
Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju di Dunia dan Contoh
Negara Maju
|
Sub/Sub Tema
|
:
|
Contoh Negara Maju (Jepang)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 JP
|
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
2.
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
3.
|
Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang
dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah nusantara yang mencakup perubahan
dan keberkelanjutan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
|
4.
|
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B.
Kompetensi
Dasar
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
||
1.1
|
Mensyukuri karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada
bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya dan politik
|
1.1.1
|
Mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui doa saat memulai dan mengakhiri
pembelajaran
|
1.1.2
|
Menunjukkan perilaku akhlak mulia terhadap lingkungan sekitar
|
||
2.2
|
Menunjukkan
kepedulian dan sikap kritis terhadap permasalahan sosial sederhana
|
2.2.1
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap pendapat dalam berdiskusi di kelas
|
2.2.2
|
Berperilaku kritis terhadap pendapat teman dalam berdiskusi di kelas
|
||
3.1
|
Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
mewujudkan kesatuan wilayah nusantara yang mencakup perubahan dan
keberkelanjutan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
|
3.1.1
|
Menjelaskan sejarah singkat perkembangan negara Jepang
|
3.1.2
|
Menjelaskan keadaan alam Jepang
|
||
3.1.3
|
Mengidentifikasi sumber daya alam Jepang
|
||
3.1.4
|
Menganalisis kondisi sosial ekonomi Jepang
|
||
3.1.5
|
Menganalisis hubungan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia-Jepang
|
||
4.1
|
Menyajikan
hasil olahan telaah tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat
Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan sampai
sekarang
dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik dalam
kehidupan
berbangsa dan bernegara
|
4.1.1
|
Mengumpulkan informasi tentang contoh-contoh
negara maju
|
4.1.2
|
Membuat laporan hasil pengamatan tentang contoh-contoh
negara maju
|
||
4.1.3
|
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang contoh-contoh negara maju
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
sejarah singkat perkembangan negara Jepang
2. Menjelaskan
keadaan alam negara Jepang
3. Mengidentifikasi
sumber daya alam negara Jepang
4. Menganalisis
kondisi sosial ekonomi negara Jepang
5. Menganalisis
hubungan ekonomi, sosial –budaya Indonesia-Jepang
D.
Materi
Pembelajaran
·
Contoh Negara Maju:
o
Negara Jepang
E.
Pendekatan dan
Model Pembelajaran
• Pendekatan
Scientific
• Model: Flashcard
Game
F.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PENDAHULUAN
|
(2 X 40) MENIT
a.
Persiapan psikis, salam, doa, dan memeriksa kehadiran
peserta didik
b.
Apersepsi: Guru sedikit mengulang kembali tentang
materi sebelumnya.
c.
Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran tentang contoh
negara maju
d.
Guru menjelaskan model pembelajaran yang akan di
gunakan pada pertemuan kali ini
|
80 menit
8 menit
|
INTI
|
·
Guru menyiapkan kartu-kartu pertanyaan yang terkait
topik
·
Guru membagi siswa secara berpasangan dan memberikan
kartu yang berisi pertanyaan, serta menetapkan masing-masing siswa yang
berperan sebai Tutor dan Tutee
·
Tutee memberikan Flashcard kepada Tutor
a.
Ronde 1: Petunjuk maksimum
Tutor menunjukkan pertanyaan yang terdapat pada kartu
pertama, membacakan pertanyaan, dan menunjukkan serta membacakan jawaban yang
tertulis di balik kartu soal. Tutor kemudian membacakan kembali pertanyaan
yang terdapat dikartu soal dan meminta Tutee menjawab pertanyaan berdasarkan
ingatannya terhadap jawaban yang telah dibacakan Tutor sebelumnya
b.
Tutee menjawab pertanyaan, jika benar. Tutee dianggao
memenangkan kartu soal tersebut dan menerima apresiasi yang bagus dari Tutor.
Namun jika salah, Tutor menunjukkan kepada Tutee jawaban yang terdapat pada
kartu dan membimbing Tutee. Selanjutany proses pembacaan pertanyaan dilakukan
kembali pada kartu-kartu soal lainnya.
c.
Jika Tutee memenangkan semua kartu, pasangan bertukar
peran. Dan jika Tutee selanjutnya memenangkan semua kartu soal, pasangan maju
ke tahap berikutnya.
d.
Ronde 2 : Sedikit Petunjuk
Proses menanyakan kartu soal diulang seperti
sebelumnya, namun pada tahap ini Tutor hanya menunjukkan kartu soal dan
membacakan pertanyaan yang terdapat pada kartu tanpa memberi tahukan jawaban,
dan meminta Tutee menjawab pertanyaan sesuai jawaban yang diingat sebelumnya.
e.
Ronde 3: Tanpa Petunjuk
Pada tahap ini Tutor menanyakan pertanyaan yang
terdapat pada kartu soal tanpa menunjukkan kartu soal pada Tutee, dan meminta
Tutee menjawab pertanyaan tersebut.
|
60 menit
|
PENUTUP
|
a. Guru meminta
salah satu siswa untuk membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah
berlangsung
b. Guru memberikan beberapa
pertanyaan secara klasikal untuk mengetahui hasil pencapaian kompetensi
pengetahuan siswa
c. Guru memberikan
pesan moral (negara jepang merupakan negara maju yang tetap menjunjung tinggi
nilai-nilai sosial budayanya,hal seperti ini patut dijadikan contoh. Karna
bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menjunjung tinggi budayanya)
d. Guru menugaskan
peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi berikutnya tentang negara
Amerika serikat
e.
Guru menutup pelajaran dengan berdoa sesuai agama dan
keyakinan masing-masing
|
12 menit
|
G.
PENILAIAN
·
Penilaian sikap
·
Observasi
No
|
Nama
|
Aspek perilaku yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
Mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan YME
|
Menunjukkan perilaku akhlak mulia
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap pendapat teman
|
Berperilaku kritis terhadap pendapat teman
|
||||
1.
|
Anu
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ani
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
.........
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Kriteria skor:
4 = Sangat Baik (SB)
3 = Baik (B)
2 = Cukup (C)
1 = Kurang (K)
Penskoran:
Penskoran:
·
Penilaian kognitif
1. Jelaskan
sejarah singkat perkembangan negara Jepang!
2. Jelaskan
keadaan alam negara Jepang!
3. Identifikasi
sumber daya alam negara Jepang!
4. Bagaimanakah
kondisi sosial ekonomi negara Jepang!
5. Bagaimanakah
hubungan ekonomi, sosial, budaya Indonesia-Jepang!
·
Penilaian ketrampilan
·
Penilaian ketrampilan diskusi
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Kemampuan
|
Total Skor
|
|||
Pemahaman
materi
|
Mengemukakan
pendapat
|
Berkontribusi
|
Menerima
pendapat teman
|
|||
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
(1-4)
|
|||
1.
|
Anu
|
|||||
2.
|
Ani
|
|||||
dst
|
.........
|
Petunjuk
Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 – 4
Perhitungan akhir skor menggunakan rumus :
H. MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.
Media:
·
Kartu Soal
b. Alat
/Bahan:
·
Spidol
·
Pulpen
c. Sumber
belajar:
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku
Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/ MTs Kelas IX.
Jakarta: Penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman
44-52)
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku
Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/ MTs Kelas IX. Jakarta: Penerbit Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan
·
Wikipedia
0 komentar:
Posting Komentar