Syilvi Indrayani

Love to Teach

Jika anda adalah seorang guru yang aktivitasnya selalu berhubungan dengan yang namanya presentasi dan bahan ajar maka postingan saya ini mungkin cocok dengan kebutuhan anda. Sebenarnya postingan ini saya buat karna request dari salah seorang teman yang minta dibuatkan tutorial cara menginput video ke powerpoint. Nah.. seperti judul diatas, biasanya jika kita membuat presentasi tentunya akan lebih lengkap apabila ditambahkan file-file multimedia seperti musik, video, animasi dll. Penambahan unsur-unsur ini akan lebih meyakinkan penyimak anda, mungkin fokusnya disini adalah siswa-siswa yang memang suka dengan tampilan-tampilan manis powerpoint sehingga mereka akan selalu memperhatikan presentasi anda karena presentasi anda akan tampak lebih menarik dari segi isinya (konten yang isinya bisa macam-macam gambar dan video yang mantapp ). Nahhhh... disini saya akan coba jelaskan dengan menggunakan Office Powerpoint 2007  tapi ini juga bisa berlaku untuk dan Office Powerpoint 2003.
Untuk bisa menambahkan file multimedia seperti musik dan video dapat dilakukan dengan cara:
  • Input Videonya dengan cara seperti dibawah:



 

  • Nah.... seperti tampilan di atas Anda bisa langsung melihat hasilnya dan langsung siap untuk digunakan

    Namun.. terkadang muncul permasalahan!!!, langkah diatas itu hanya bisa berfungsi jika format video yang digunakan adalah format-format video pada umumnya seperti : wmv, avi, mpeg, mpg, terus bagaimana jika kita ingin memasukkan format selain itu misal flv, flv (flash Video) yang notabene adalah format video yang umum digunakan oleh situs-situs penyedia video diinternet misalnya : youtube, googlevideo, daily motion, yahoo dll. Nah.. Untuk bisa menambahkan file dengan format flv ke dalam presentasi kita maka file flv itu harus terlebih dahulu kita ubah kedalam format video yang mendukung powerpoint seperti yang saya jelaskan diatas.

    Untuk itu anda bisa menggunakan software Video to Video, anda bisa download disini.
    Dengan software ini anda bisa merubah format video flv ke format video yang bisa mendukung powerpoint.

    Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:   
    • Setelah software didownload, lakukan proses instalasi seperti biasanya, jika telah selesai klik finish.
    • Lalu klik 2x pada ikon video to video yang ada di dekstop, dan tampilan dari software video to video akan tampak seperti dibawah ini:  
        
    •  lalu pilih opsi direktori untuk penyimpanan hasil convert anda nantinya: 

    •  Pilih video yang ingin diconvert pada bagian direktori dimana video tersebut anda simpan dan klik OK:

    •  Lalu pilih jenis konversi video yang anda inginkan, klik ok:
     

    •  Klik ikon convert pada software:
       
    •   Tunggu proses konversi berjalan:



    •  Setelah selesai anda bisa melihat video di direktori yang telah anda tentukan pada awal tadi:

    • Nah sekarang  setelah Proses selesai, anda bisa mencoba lagi memasukkan video ke powerpoint seperti langkah saya diatas 


    Finishhh... dan sekarang anda bisa dengan mudah dan cepat merubah file flv ke dalam format yang cocok dengan powerpoint. Selamat Mencoba..!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.